Apa yang harus dilaporkan oleh Pengawas?

Seorang pengawas di awal tahun, harus menyusun Program Kepengawasan  (Program Tahunan, Rencana Pengawasan Manajerial, Rencana Pengawasan Akademik), Melaksanakan kepengawasan untuk 10 sekolah binaan sebagai pengawas manajerial dan minimal membina 40 guru mata pelajaran sebagai pengawas akademik. Pengawas juga memiliki kewajiban membimbing dan melatih profesionalisme guru dan Kepala Sekolah. Di akhir tahun,  harus melaksanakan Evaluasi hasil Pelaksanaan Program Pengawasan. 

Berapa banyak dokumen laporan yang harus dibuat oleh seorang Pengawas? Berbeda-beda jumlah dokumen laporan yang harus dibuat oleh pengawas tergantung jabatan fungsionalnya, apakah Pengawas Muda, Madya atau Utama. Pengawas Utama memiliki kewajiban membimbing Pengawas Muda, jadi di samping membimbing guru. Seperti pada gambar, laporan pengawas di akhir tahun harus berjumlah 10 laporan. Bagaimana sistematika laporan pengawas?

Berikut ini, sistematika laporan pembinaan guru dan kepala sekolah sebagai contoh:

                   

Halaman pengesahan ditandatangani oleh Korwas dan diketahui oleh Kepala Dinas. Pada sub bab pembahasan hasil pengawasan, seorang Pengawas akan menganalisa hasil perbandingan antara ketercapaian program dan program pengawasan. Apabila masih terjadi kesenjangan, tindak lanjutnya dilaksanakan pada priode pengawasan tahun berikutnya dengan memprogramkan kesenjangan tersebut. Program Pengawasan disusun berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan pengawasan. Contoh laporan kepengawasan dapat dilihatdi sini

Tinggalkan Balasan