RPP YANG BERORIENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGG MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP?

 

Setelah membaca tulisan dengan judul “Apa yang harus dipahami guru sebelum mengembangkan RPP? Maka berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah yang harus ditempuh pendidik untuk mengembangkan RPP. Tentu saja tulisan ini bukan satu-satunya cara, namun paling tidak dapat dijadikan pedoman oleh pendidik mata pelajaran matematika SMP untuk mengembangkan RPP. Langkah-langkah pengembangan RPP ini bersumber dari materi tambahan penguatan pengawas Provinsi Lampung. Tulisan ini akan dibagi dua bagian, Bagian 1 sampai merumuskan tujuan pembelajaran dan Bagian 2 sampai pada contoh RPP.

Adapun langkah-langkah tersebut adalah seperti berikut ini:

Kesatu, Menentukan dan menganalisis kompetensi dasar yang sesuai dengantuntutan Permendikbud nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Dasar yang menjadi sasaran minimal yang akan dicapai sesuai Kompetensi Dasar

Contoh: Misalkan Pendidik akan mengembangkan KD 3.11 dan 4.11 Mata Pelajaran Matematika Kelas VII SMP

PengetahuanKeterampilan
3.11 Menganalisis aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto,tara)4.11 Menyelesaikan masalah berkaitan dengan aritmetika social (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)

Analisa: Kata kerja “Menganalisis” pada KD dikategorikan pada level C4 (menganalisis) pada taksonom Bloom dan “menyelesaikan”pada kategori P4 (artikulasi)

Kedua, Tentukan target yang akan dicapai sesuai dengan Kompetensi Dasar, sesuai dengan format dibawah, dengan cara memisahkan target kompetensi dengan materi yang terdapat pada KD.

Kompetensi DasarTarget Kompetensi
Menganalisis aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto,tara)Mengenal-menghitung-menentukan-menganalisis. Target KD dapat menganalisis
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan aritmetika social (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara) Menyelesaikan masalah berkaitan dengan aritmetika social (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara) Menyelesaikan masalah berkaitan dengan aritmetika social (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, taraMengikuti-membangun-melengkapi-menyelesaikan. Target KD menyelesaikan masalah terkait aritmetika sosial

Ketiga, Proyeksikan dalam sumbu simetri Kombinasi dimensi pengathuan dan proses berpikir

Metakognitif   Menganalisis  
ProseduralMenentukan
KonseptualMenghitung
FaktualMengenal
C1:
Mengingat
C2:
Memahami
C3:
Mengaplikasikan
C4:
Menganalisis
C5:
Mengevaluasi
C6:
Mencipta

Keempat, Perumusan Indikator Pencapaian Kompetensi dapat dilakukan dengan mengikuti langkah sebagai berikut.

  1. Perhatikan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan yang menjadi target  yang harus dicapai peserta didik.
  2. Tentukan KD yang akan diturunkan menjadi IPK                                        Menggunakan Kata Kerja Operasional yang sesuai untuk perumusan IPK agar konsep materi dapat tersampaikan secara efektif. Gradasi IPK di Identifikasi dari Low Order Thinking Skill (LOTS) menuju High Order Thinking Skill (HOTS)
  3. Merumuskan IPK penunjang dan IPK kunci, sedangkan IPK pengayaan dirumuskan apabila kompetensi minimal KD sudah dipenuhi oleh peserta didi
Kompetensi DasarTingkat Kompetensi DasarProses BerpikirMateri dan Sub MateriIndikator Pencapaian Kompetensi
KD Pengetahuan
Menganalisis aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto,tara)
Dimensi Pengetahuan:
Metakognitif

Proses Berpikir:
C4: Menganalisis
Proses Berpikir dan dimensi pengetahuan:
Mengingat-faktual
Memahami-konseptual
Mengaplikasikan-prosedural
Menganalisis-metakognitif
Memahami Keuntungan dan Kerugian

Menentukan Bunga

Bruto, Neto, dan Tara

IPK Penunjang:
Mengenal fenomena atau aktivitas yang terkait dengan aritmetika social (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)

Mendapatkan informasi yang terkait dengan artimetika sosial

Menentukan hubungan antara penjualan, pembelian, untung,dan rugi

Menentukan bunga tunggal dan pajak

Menganalisis hubunga bruto, neto dan tara

IPK Kunci:
Memecahkan masalah terkait dengan artimetika social baik melalui Tanya jawab, diskusi, atau, presentasi.
IPK Pengayaan
Memecahkan masalah kompleks terkait dengan artimetika social baik melalui Tanya jawab, diskusi, atau, presentasi.

Menyelesaikan masalah berkaitan dengan aritmetika social (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)Tingkat Proses Keterampilan:
Artikulasi (P4)
Langkah Proses Keterampilan:
Imitasi
Meniru contoh
Manipulasi
Membuat produk sesuai petunjuk umum
Persisi
menghasilkan produk dengan akurasi, proporsi, dan ketepatan

Artikulasimemodifikasi keterampilan atau produk agar sesuai dengan situasi baru, atau menggabungkan lebih dari satu keterampilan dalam urutan harmonis dan konsisten
IPK Penunjang:
Menentukan hasil pemecahan masalah terkait dengan aritmetika sosial melalui petunjuk pendidik

Kelima, merumuskan tujuan pembelajaran, apakah peningkatan kognitif, psikomotor atau afektif. Perumusan tujuan pembelajaran harus jelas dalam menunjukkan kecakapan yang harus dimiliki peserta didik.

Tujuan pembelajaran mengisyaratkan bahwa ada beberapa karakter kecakapan yang akan dikembangkan guru dalam pembelajaran. Selain itu, tujuan pembelajaran ini juga bertujuan untuk menguatkan pilar pendidikan.

Tujuan pembelajaran pada Buku Pedoman Penyusunan RPP K13 revisi 2017, disebutkan: 1) dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasionalyang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan 2) Dituangkan dalam bentuk deskripsi, memuat kompetensi yang hendak dicapai oleh peserta didik 3) Memberikan gambaran proses pembelajaran 4) Memberikan gambaran pencapaian hasil pembelajaran. Berdasarkan panduan dan analisa KD, untuk contoh yang dibahas pada tulisan ini, tujuan pembelajaran untuk KD 3.11 dan 4.11 adalah sebagai berikut

Tujuan Pembelajaran: Melalui model Discovery Learning dan pendekatan saintifik, peserta didik dapat menganalisis konsep-konsep yang saling berkaitan dalam aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto,tara) dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan aritmetika sosial menggunakan literasi membaca dan literasi SAINS secara kritis, kreatif, dan kolaborasi dengan kerjasama dan tanggung jawab yang baik, penuh percaya diri, dan rasa cinta tanah air, serta rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Setiap pendidik mungkin merasa agak aneh dengan tujuan berbentuk deskripsi seperti itu, namun pada tulisan ini tujuan dirumuskan mengikuti panduan. Setelah tujuan dirumuskan, pendidik mulai dapat mengembangkan RPP yang berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan tujuan, aritmetika sosial akan diajarkan dengan menggunakan model discovery learning dengan pendekatan saintifik. Target KD nya adalah peserta didik dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aritmetika sosial, literasi membaca dan sains dengan karakter kritis, kreatif, kerjasama, cinta tanah air dan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Setelah membaca tulisan ini, diharapkan pendidik untuk mulai melakukan analisa KD semester 2, sampai pada menentukan tujuan pembelajaran. Tulisan berikutnya, pada bagian 2 akan diberikan penjelasan RPP yang akan dibuat sesuai analisis KD pada tulisan ini. Selamat Belajar

Tinggalkan Balasan