Best Practices Pengawas SMP Tahun 2019

Pengawas SMP Berfoto setelah pembukaan

Pemilihan karya tulis best practices Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Widyaswara pada tahun 2019 diselenggarakan di Hotel Millenium Sirih Jakarata dari tanggal 29 April – 3 Mei 2019 dengan jumlah peserta 200 orang. Peserta berasal dari seluruh Indonesia, setelah melewati serangkaian seleksi dimulai dari seleksi administrasi sampai yang terakhir uji similirity untuk penentuan peserta yang dipanggil untuk mempresentasikan karyanya di hadapan Dewan Juri yang berasal dari Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha.

Peserta dari Pengawas SMP berjumlah 22 orang pengawas hebat dari seluruh Indonesia. Forum ini dipergunakan untuk seminasi (penyebaran) ide dan cerita sukses dari pengalaman terbaik pengawas SMP dengan latarbelakang tempat tugas yang beraneka ragam. Dampak dari seminasi ini adalah satu harapan, semoga ide dan pengalaman terbaik yang telah berhasil diterapkan dalam kepengawasan kependidikan oleh peserta yang satu dapat memberikan inspirasi  peserta lain dalam menjalankan tugas kepengawasan di tempat asal Pengawas.  Forum ini juga dipergunakan oleh beberapa pengawas untuk temu kangen, karena bertemu kembali pada ajang yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Pengawas SMP Berfoto Bersama setelah Penilaian

Forum pemilihan best practices ini bersifat lomba, dan pada akhirnya harus diumumkan karya terbaik untuk diberikan apresiasi. Kepada karya terbaik yang terpilih oleh Dewan Juri, perlu diapresiasi dengan ucapan selamat dengan ikhlas dan tanpa prasangka. Peserta yang belum terpilih, ada harapan besar pada tahun depan (2020) ikut serta kembali dengan karya yang berasal dari pengalaman terbaik selama melaksanakan tugas sebagai Pengawas. Pengalaman mengikuti lomba pada tahun 2019 dijadikan pembelajaran untuk tampil prima dihadapan juri. Best Practice yang ditampilkan juga penuh inovasi dan berguna untuk perbaikan mutu pendidikan. Tentu saja masing-masing peserta memiliki kesan yang berbeda-beda, namun yang jelas adalah bersilaturahim dengan sesama pengawas hebat dari seluruh Indonesia dan bertambah teman. Semoga! (kang aan)

Tinggalkan Balasan