RPP Hots: Model Desain Pembelajaran (Bagian Kedua),Sebuah Contoh

Pada bagian pertama, dijelaskan bagaimana menentukan dan merumuskan IPK dari kompetensi dasar (3.8 dan 4.8) sampai pada perumusan tujuan pembelajaran, tulisan ini akan menjelaskan desain yang dikaitkan dengan model pembelajaran. Pada tulisan sebelumnya telah dirumuskan:

aktv6

Terdapat tujuhbelas IPK yang harus dicapai pada pembelajaran KD 3.8 dan 4.8, sebagai contoh pada tulisan ini akan dikembangkan aktivitas pembelajaran dengan tujuan: Melalui kegiatan pembelajaran menggunakan model discovery learning dengan pendekatan saintifik, peserta didik mengedepankan rasa ingin tahu, tanggung jawab, disiplin, dan kerjasama serta selalu bersyukur selama pembelajaran, setelah pembelajaran peserta didik dapat: (1) mencontohkan perbandingan senilai; (2) mencontohkan  perbandingan berbalik nilai dan (3) membedakan apakah suatu masalah terkait perbandingan senilai, perbandingan berbalik nilai atau bukan keduanya. Alokasi waktu pembelajaran: 2 x 40 menit, dengan aktivitas seperti berikut.

aktv1

Pada sintak stimulasi (stimulation), memuat langkah pendahuluan yang berisi penyiapan kondisi peserta didik, apersepsi, motivasi, dan penjelasan tujuan serta logistik pembelajaran. Waktu yang digunakan untuk tahap ini diperkirakan 10 menit, tersisa 70 menit untuk tahapan berikutnya.

aktv2

Pada tahap berikutnya, peserta didik diberikan lembar kerja peserta didik (LKPD) secara berkelompok agar dampak akademik dan pengiring dari model discovery learning dapat melekat kepada peserta didik seperti transfer knowledge, critical thinking, problem solving, kerja sama, dan percaya diri.

aktv3

Pada tahapan generalization, pendidik membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi serta memberikan penguatan. Kemudian pendidik melakukan kegiatan penutup pembelajaran:

aktv4

Pengembangan desain selanjutnya, diubah menjadi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai format RPP yang telah ditentukan pada Petunjuk Teknis Kurikulum 2013. Tulisan ini baru sebagian contoh sebagai bahan para pendidik mengembangkan desain untuk IPK berikutnya. Demikian tentang membuat desain terkait dengan RPP HOTS sebagaimana buku Pedoman PKP berdasarkan Zonasi. Tulisan berikutnya akan dijelaskan bagaimana mengembangkan soal-soal HOTS sebagai bagian yang tak terpisahkan dari desain pembelajaran. Semoga Bermanfaat

Tinggalkan Balasan