Diklat Penguatan Kepala Sekolah Tahun 2019

Permendikbud No. 6 Th 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, bahwa salah satu syarat pengangkatan kepala sekolah adalah telah mengikuti Diklat Calon Kepala Sekolah dan memiliki STTPP. Bagi Kepala Sekolah yang telah diangkat sebelum diundangkan Permendikbud No 6 Tahun 2018 tersebut, wajib mengikuti Diklat Penguatan Kepala Sekolah untuk memperoleh STTPP Calon Kepala Sekolah. Kepala sekolah untuk seluruh jenjang pendidikan pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dan masyarakat, yang sebelum diberlakukannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah, telah menjabat sebagai Kepala Sekolah, dan diusulkan oleh Dinas Pendidikan Propinsi/Kabupaten/Kota.

Pelaksanaan Diklat dilaksanakan oleh LPD (Lembaga Penyelenggara Diklat) melalui pengawasan LPPKSPS.  Pelaksanaan melalui proses tatap muka, post test yang menjadi bagian akhir penilaian di samping penilaian sikap dan keterampilan. Tatap muka pelatihan mempelajari materi yang terkait kompetensi sebagai kepala sekolah dalam bentuk modul dengan pendekatan andragogi. Diklat dilaksanakan dalam durasi 71 (tujuh puluh satu) jam pelajaran @ 45 menit. Satu kelas terdiri dari maksimal 40 peserta dengan 2 Pengajar Diklat. Peserta mempelajari materi pengembangan keterampilan manajerial, supervisi Guru dan Tendik, pengembangan kewirausahaan serta pengembangan sekolah berdasarkan 8 SNP. Struktur program dan jadwal kegiatan ditunjukkan pada gambar berikut.

Penilaian lulus dan tidaknya peserta melalui serangkaian penilaian yaitu:

  1. Sikap (NS): penilaian dilakukan oleh pengajar melalui pengamatan selama diklat berlangsung, tumbuhnya karakter-karakter positif (Bobot 30%)
  2. Pengetahuan (NP) : diperoleh dari hasil post test (Bobot 30%)
  3. Keterampilan (NK): kemampuan peserta menyelesaikan Lembar Kerja pada setiap materi diklat (Bobot 40%)

Formulasi Nilai Akhir Peserta : NA = 30%NS + 30%NP + 40%NK

Demikian informasi tentang diklat kepala sekolah. Download modul di SINI

Tinggalkan Balasan