Literasi Aneka Tajuk Kabupaten Lampung Utara 2019

Geliat Literasi Hari Minggu, 24-03-2019

Berawal dari keprihatinan empat orang guru (Ibu Syifa, Ibu Afifatun, dan Pak Dwi serta Pak Bukhori) yang menginginkan Lampung Utara memiliki Jurnal Pendidikan yang dikelola oleh Disdikbud Lampung Utara, akhirnya difasilitasi oleh Kepala Dinas Pendidikan (Bapak Suwandi) melalui Bidang Tendik (Pak Anto sebagai Kabid, Pak Yudi, Pak Awang, Ibu Amel, dan Ibu Diana) akhirnya lahir Jurnal Pendidikan Payan Mas (JPPM), yang juga dibantu oleh Pak Inaudi dan Pak Aan sebagai editornya. Fungsi utama JPPM adalah memfasilitasi hasil penelitian pendidik yang ada di Kabupaten Lampung Utara sebagai wahana seminasi dan penyebaran hasil kegiatan ilmiah pada jurnal penelitian sebagai syarat kenaikan pangkat dan golongan pendidik lebih tinggi. Kiprah JPPM lebih jauh bukan hanya memfasilitasi publikasi ilmiah, juga mulai memfasilitasi kegiatan pelatihan yang diperlukan oleh pendidik.

Peluncuran Buku oleh 70 Guru

Bukan hanya itu JPPM pada tahun 2018 menggugah pendidik agar membuat buku melalui kegiatan Disdikbud Kabupaten Lampung Utara. yang membuat suatu gerakan yang dinamakan program Sagusalis (Saya guru, saya menulis).  Karya 70 Guru  diluncurkan dalam event GELIAT (Gebyar Literasi Aneka Tajuk) Lampung Utara 2019 di Islamic Center Kotabumi, Lampung Utara yang dimeriahkan pula dengan Stand Up Comedy Literasi oleh Cak Lontong dan secara lengkap Geliat dapat dibaca di sini

Bersama Cak Lontong dan Bapak Suwandi

GELIAT lahir pada momentum yang tepat, ajang pembuktian Lampung Utara sebagai salah satu dari tiga kabupaten tertua di Lampung selain Lampung Tengah dan Lampung Selatan terus bergerak memajukan pendidikan. GELIAT bukan hanya sebatas anggapan sebagian orang sebagai gimmick literasi. Akan tetapi GELIAT merupakan bentuk pengkaderan sistematis terstruktur dan komprehensif. Mewujudkan visi Lampung Utara maju, hebat dan bermartabat. Sehingga tidak dipandang sebelah mata oleh kabupaten/kota tetangga. Pada waktunya akan mengungguli yang lain. Program GELIAT mencakup 6 literasi (literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial dan literasi budaya) yang diselenggarakan dari tanggal 22 sd 24 Maret 2019 di Islamic Centre Kotabumi yang diikuti oleh lebih dari 700 orang yang terdiri dari SD dan SMP serta pengawas. Pada hari kedua, Sabtu 23 Maret 2019 diselenggarakan juga Lomba Mewarnai Anak PAUD/TK yang diikuti oleh 1312 peserta (15 kecamatan). Kegiatan Geliat ditutup pada hari Minggu dengan penampilan Cak Lontong.

Lomba Mewarnai

Apa output yang diharapkan dari kegiatan Geliat ini? Tentu saja sangat banyak yang ingin diperoleh namun yang utama adalah tergugahnya kesadaran guru untuk melaksanakan pengembangan dirinya secara mandiri. Keperluan mengembangkan diri adalah tuntutan profesi sebagai pendidik yang terus menerus meng-update diri, Tanggapan dari peserta pada umumnya menyangkut keterbatasan sarana gedung pertemuan yang kurang  nyaman dan layak. Semua catatan penyelenggaraan menjadi pembelajaran panitia untuk perbaikan ke  depan dalam menyelenggarakan kegiatan yang sejenis. Apresiasi diberikan kepada Bu Afifi, Bu Sifa, Pak Dwi dan Pak Bukhori yang all out menyukseskan Geliat ini dan begitu luar biasa menahan perasaan mendengar segala ketidakpuasan peserta. Tidak semua orang yang sanggup dan bisa melaksanakan kegiatan yang dapat mengumpulkan peserta sebanyak ini dengan dana mandiri dari peserta. Selamat dan sukses untuk JPPM.

 

Tinggalkan Balasan