Melepas Penat Rutinitas: jalan-jalan ke Pantai Sari Ringgung

Pada hari ketiga lebaran ini, disempatkan untuk berjalan-jalan bersama keluarga ke Pantai di daerah Lampung. Pilihan jatuh ke Pantai Sari Ringgung Pesawaran Lampung, dikarenakan jarak yang tidak terlalu jauh (1 jam perjalanan dari rumah) juga banyak spot indah yang dapat dinikmati  di antaranya: Krakatau Viewe, Pasir Isap, Pulau Tegal Sari dan Masjid Terapung Ringgung.

Masjid Terapung Ringgung berjarak kira-kira 500 meter dari Pantai, ditempuh kurang lebih 10 menit dengan perahu. Kebetulan hari ketiga lebaran tahun ini, adalah hari Jumat dan pas sampai Pantai waktu shalat Jumat. Pada hari Jumat, pengelola Pantai memberikan kesempatan untuk shalat Jumat berjamaah di Masjid Apung bagi pengunjung dengan menyediakan perahu gratis untuk mengangkut jamaah pulang pergi dari pantai ke masjid dan sebaliknya. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh pengunjung untuk menunaikan shalat jumat di tengah laut di atas masjid apung.

Masjid Apung Ringgung, terbuat dari kayu dan papan sebagai bangunan utamanya yang dibuat mengapung di tengah laut, diikat dengan tali laut ke pantai agar tidak terbawa arus dan tidak diguncang ombak. Karena kapasitas yang terbatas, hari itu hampir seluruh bagian Masjid terisi jamaah Shalat Jumat. Sepanjang menyimak khutbah, terasa masjid bergerak-gerak perlahan. Sepanjang mata memandang kiri kanan, tampak laut tenang dengan air membiru dan angin sepoi-sepoi mengusap tubuh yang berusaha khusuk menjalankan shalat Jumat. Subhanallah, betapa indah nuansa yang terasa melingkupi masjid apung ini.

Spot yang tidak kurang indah adalah pulau Tegal Sari. Pengunjung yang berminat untuk menyeberang pulau atau hanya sekedar berputar-putar mengelilingi pulau dikenakan sewa perahu dengan harga yang relatif terjangkau. Satu perahu dikenakan sewa Rp 300 ribu untuk sepuluh orang penumpang dewasa. Apabila phobi dengan laut atau malas ‘nyebur’ laut, pengunjung cukup naik bukit untuk melihat Gunung Krakatau dari jarak jauh. Lumayan cukup indah

Di Pulau Tegal Sari pengunjung dapat memasuki pulau dengan membayar pass masuk Rp 50 ribu perorang. Selama kurang lebih dua jam, pengunjung dapat menikmati suasana pulau dan berfotoria sepuasnya, atau mandi di sekitar pantai yang airnya sangat bersih. Bisa juga hanya melihat-lihat pasir isap, yang biasanya dilihat hanya dalam film seperti film-film action barat. Setelah berjalan-jalan sepuasnya menikmati spot yang ada di Pantai Sari Ringgung, pengunjung bisa menikmati kuliner Ikan Bakar yang ada di sekitar lokasi. Tentu saja disesuaikan dengan kemampuan kantong masing-masing. Kunjungan ke pantai kali ini, berhasil mengganti penat rutinitas selama ini. Bagi masyarakat Lampung, tidak perlu jauh-jauh untuk mengunjungi Pantai di daerah lain. Lampung pun banyak ragam dan aneka spot indah yang bisa dinikmati secara murah meriah dan lokasinya  dekat dengan rumah. Ayo kita ke Pantai Lampung

Tinggalkan Balasan