Pelaksanaan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis Zonasi

Program ini telah dipersiapkan semenjak tahun 2018, di mulai dari penyusunan desain program dan pada tahun 2019 ini direncanakan akan dilaksanakan. Guru-guru diminta untuk memperbaiki data pada SIM PKB masing-masing melalui MGMP/KKG sebagai komunitas guru untuk persiapan pelaksanaan program tersebut. Pada tahun 2017 pernah diluncurkan program Guru Pembelajar yang pelaksanaannya juga melalui MGMP sebagai komunitas guru belajar. Pada tahun 2019, program peningkatan kompetensi guru dinamakan PKP.

Screenshot_13PKPProgram Peningkatan Kompetensi Pembelajaran, selanjutnya akan disingkat dengan Program PKP, merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Program ini merupakan bagian dari program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan keprofesiannya. Pada Program PKB terdahulu yang dikembangkan oleh Ditjen GTK sebelumnya, yang didasarkan pada hasil Uji Kompetensi Guru, berfokus pada peningkatan kompetensi guru khususnya kompetensi pedagogi dan profesional. Sedangkan Program PKP lebih berfokus pada upaya mencerdaskan siswa melalui pembelajaran berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi.

Dalam rangka menyongsong pelaksanaan program ini marilah kita terlebih dahulu untuk mempelajari apa saja yang akan dipelajari selama program ini berlangsung di MGMP masing-masing. Kajian utama dalam pelaksanaan ini adalah melatih guru-guru untuk mengembangkan RPP berdasarkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTs). seperti yang ada channel Video Tutorial.  Secara lengkap untuk mempelajari pengembangan RPP berdasarkan HOTs dapat dibaca pada buku pegangan ini DISINI.

Tentu saja setelah guru mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran di kelas berdasarkan keterampilan berpikir tingkat tnggi, juga guru harus mampu menilainya.  Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian belajar peserta didik dilakukan oleh pendidik yang meliputi aspek: sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian sikap dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh informasi deskriptif mengenai perilaku peserta didik. Penilaian pengetahuan dilakukan untuk
mengukur penguasaan pengetahuan peserta didik, sedangkan penilaian keterampilan dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik menerapkan pengetahuan dalam melakukan tugas tertentu. Penilaian hasil belajar oleh pendidik i n i bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.

Penyempurnaan kurikulum 2013 antara lain pada standar isi diperkaya dengan kebutuhan peserta didik untuk berpikir kritis dan analitis sesuai dengan standar internasional, sedangkan pada standar penilaian memberi ruang pada pengembangan instrumen penilaian yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Penilaian hasil belajar diharapkan dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills /HOTS), karena berpikir tingkat tinggi dapat mendorong peserta didik untuk berpikir secara luas dan mendalam tentang materi pelajaran. Penilaian berorientasi HOTS bukanlah sebuah bentuk penilaian yang baru bagi guru dalam melakukan penilaian. Tetapi penilaian berorientasi HOTS ini memaksimalkan keterampilan guru dalam melakukan penilaian. Guru dalam penilaian ini harus menekankan pada penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang bisa meningkatkan keterampilan peserta didik dalam proses pembelajaran berorientasi HOTS.  Secara lengkap untuk mempelajari penilaian yang berorientasi HOTs dapat di pelajari Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills yang dapat di download<DI SINI/p>. Selamat Belajar dan mari kita songsong pelaksanaan peningkatan kompetensi guru mengajar melalui Belajar Mandiri!

Panduan pelaksanaan kegiatan dapat di download
DI SINI

Tutorial pengembangan RPP berdasarkan HOTS dapat dilihat pada channelyoutube ini

2 tanggapan pada “Pelaksanaan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) berbasis Zonasi”

Tinggalkan Balasan