Lompat ke konten

Membuat Web Gratis dengan Menggunakan Google Sites, Mudah dan Cepat

Google Site

Google sites adalah salah satu media webstite yang bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Google sites adalah sebuah website yang digunakan untuk keperluan kelompok ataupun pribadi. Google Sites merupakan cara termudah dalam membuat informasi yang bisa diakses oleh orang yang membutuhkan secara cepat, dan orang-orang dapat bekerja sama dalam situs untuk menambahkan berkas file lampiran serta informasi dari aplikasi google lainnya seperti google docs, sheet, forms, calender, awesome table dan lain sebagainya.

Menggunakan Google Sites tidak sulit, bisa membuat berbagai jenis halaman dari awal dengan satu klik tombol, lalu menanamkan (embed) dokumen, kalendar, foto, video, dan gadget langsung ke halaman-halaman tersebut. Mirip Google Docs, built-in editing tools-nya dapat menerima perubahan teks dan format secara langsung, ala WYSIWYG (what you see is what you get). Begitu situs aktif, bisa mengundang siapa pun untuk berkunjung atau meng-edit isinya semudah memasukkannya ke alamat e-mail mereka

Membuat Website di Google Sites
  1. Akses Google SitesLangkah pertama yang perlu dilakukan tentu saja mengakses halaman Google Sites. Buka browser tuliskan google sites, kemudian akan diarahkan pada halaman berikut  Pada Gambar, tampak pilihan template yang telah tersedia seperti portofolio, acara, pusat bantuan dan projek yang bisa dipilih. Mulai buat website baru dengan memilih tanda “tambah” (+).

Pada bagian bawah, terdapat  dropdown “milik semua orang” untuk berkolaborasi dengan sites orang lain, “milik saya” untuk mengedit atau menambahkan artikel pada web yang pernah dibuat

2. Buat Website Baru. …Tentukan Judul Website dan Halaman, logo dan nama website. Pada bilah sebelah kanan terdapat pilihan “sisipkan” untuk memilih pilihan kotak artikel, sematkan, gambar atau drive. Atur sesuai keperluan pilihan yang telah dipilih. Tata letak memberikan pilihan: gambar dan teks keterangan baik dari jumlah maupun posisi. Masih di bilah sebelah kanan, dapat juga menambah halaman dan judulnya sesuai keperluan. Misalnya pada halaman muka dibuat halaman “Pembelajaran di Kelas IX”, halaman kedua diberi judul “Tugas dan Jawaban” dan sebagainya disesuaikan dengan jenis web yang akan dikembangkan. Google Sites memang website sederhana, yang desainnya tidak bisa dimodifikasi dan diatur tampilannya agar tampak profesional namun mudah dan cepat dikembangkan menjadi website sebagai media pembelajaran guru.

Pada bilah atas, tersedia pilihan judul website, undo dan re-undo, pratinjau, link, tombol berbagi dengan teman dan setting atau pengaturan. Pojok kanan atas, di samping gambar akun google untuk akses google sites terdapat tombol “Publikasikan”. Pilih tombol ini, setelah desain website serta kontennya telah diatur sesuai keperluan kita.

Publikasi Website. dengan membuka tombol publikasikan,kemudian akan terbuka jendela seperti gambar. Silakan pilih sesuai dengan keperluan mempublikasikan.

Memublikasikan situs:

  1. Klik Publikasikan.
  2. Tambahkan nama di akhir URL. Istilah tertentu, seperti dukungan dan admin, tidak dapat digunakan.
  3. Pada bagian Siapa yang dapat melihat situs saya, klik Kelola.
  4. Di jendela Bagikan dengan orang lain, pilih salah satu opsi berikut:
    • Draf—Untuk mengizinkan orang di domain Anda atau orang tertentu untuk mengedit situs versi draf Anda, klik Ubah.
    • Dipublikasikan—Untuk mengizinkan orang di domain Anda atau orang tertentu untuk melihat situs yang dipublikasikan, klik Ubah.
  5. Klik Selesai.
  6. Klik Publikasikan. Kunjungi URL situs untuk mengonfirmasi bahwa situs Anda telah dipublikasikan dengan benar.

Tinggalkan Balasan

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!