ANALISIS KOMPETENSI DASAR: Salah satu cara yang sederhana

WhatsApp Image 2019-09-25 at 07.05.42

Pembelajaran di Kelas

Langkah pertama pada  pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi (selanjutnya disebut RPP HOTS) adalah menganalisa Kompetensi Dasar untuk menentukan target KD dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) kunci. Analisa KD ini dikaitkan dengan dimensi pengetahuan : faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif dan dimensi keterampilan. Langkah pertama ini sangat menentukan dalam mempertimbangkan model pembelajaran apa yang akan diterapkan dalam implementasi di kelas. Penjelasan langkah ini, melalui contoh analisa KD pada mata pelajaran matematika SMP berikut.

kko

Dalam KD mengandung dua materi (konsep) yaitu perbandingan senilai dan berbalik nilai yang diajarkan melalui tabel data, grafik dan persamaan. Kata kerja “membedakan” memiliki arti menyatakan ada bedanya (tak sama) antara perbandingan senilai dan berbalik nilai melalui (1) tabel data, (2) grafik dan (3) persamaan. Peserta didik akan mampu membedakan dua konsep perbandingan ini, apabila mereka secara berturut-turut mampu: mengenali fakta dua perbandingan,  memberikan contoh, menentukan hubungan dua perbandingan, membanding-bandingkan, serta membedakan dua perbandingan melalui tabel data, grafik serta persamaan. Target kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik pada KD ini adalah sebagai berikut:

target kd

Kemudian  kata kerja operasional pada target KD pengetahuan dirujuk pada tabel kata kerja operasional (kko) Taksonomi Bloom, mencari padanan kata kerja yang identik maknanya yaitu pada kko di C5 (mengevaluasi) sebagai target KD, secara hirarkis kata kerja diturunkan ke C4 dengan padanan kko: menentukan hubungan, C3 dengan padanan kko menyusun/menggambar.

bloom

Analisa selanjutnya menghasilkan kata kerja operasional pada indikator pencapaian kompetensi (IPK)  dimulai dari yang paling rendah yaitu menjelaskan, memberikan contoh (IPK penunjang) kemudian sebagai IPK kunci: menyusun perbandingan melalui tabel, grafik dan persamaan, menentukan hubungan, diakhiri dengan membedakan dua perbandingan. Sedangkan IPK untuk KD keterampilan adalah peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan perbandingan senilai dan berbalik nilai. Tulisan berikutnya akan dibahas bagaimana menentukan model pembelajarannya dan merumuskan tujuan serta langkah-langkah pembelajaran dari KD 3.8 dan 4.8 Matematika SMP. Selamat belajar

Tinggalkan Balasan