SMP DAN SMA PELAKSANA MATA PELAJARAN INFORMATIKA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Screenshot_4.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentan KI dan KD Kurikulum 2013, Kemdikbud membuat Suran Edaran tentang Kesiapan Sekolah melaksanakan Mata Pelajaran Informatika melalui Surat Edaran Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 5901/D/KR/2019 Tanggal 29 Mei 2019.

Berdasarkan Surat tersebut, sekolah yang dapat melaksanakan mata pelajaran Informatika pada tahun pelajaran 2019/2020 harus memenuhi syarat:
1. Memiliki guru informatika dengan kualifikasi pendidikan sesuai ketentuan
2. Memiliki sarana dan prasarana Komputer yang dipersyaratkan

Adapun syarat Guru Informatika berdasarkan Surat Edaran adalah kepemilikan Sertifikat Pendidik Guru Informatika dengan kualifikasi sebagai berikut: (1) Lulusan Program Sarjana Kependidikan yang terkait dengan Komputasi (Ilmu Komputer, Sistem Informasi, informatika, teknik komputer, teknologi informasi, dan manajemen informatika atau yang ditetapkan pemerintah) dan (2) Lulusan Program sarjana Non Kependidikan yang terkait dengan informatika dan memenuhi syarat sebagai guru. (Lampiran I Surat Edaran)

Sedangkan Sarana dan prasarana sekolah sebagai syarat melaksanakan mata pelajaran Informatika, dijelaskan pada Lampiran II Surat Edaran Ini. Pada Surat ini dicantumkan juga nama sekolah (Lampiran III Surat Edaran) SMP dan SMA seluruh Indonesia yang telah memiliki kesiapan melaksanakan Mata Pelajaran Informatika. Semoga Informasi ini dapat bermanfaat.

Download Surat Edaran Direktur Dikdasmen dapat dilakukan di sini

Tinggalkan Balasan