Visitasi Akreditasi Sekolah, Sepenggal Cerita Tertinggal…

Lokasi Sekolah hasil Telusur Maps
Hasil Penelusuran Maps

Bagian Pertama dari tiga tulisan

Semenjak tahun 2016 telah menjadi seorang asesor sekolah untuk akreditasi, kemudian vakum sampai tahun 2017 karena kesibukan lain dan mulai tahun 2018 kembali aktif menjadi asesor sekolah. Puluhan sekolah telah dikunjungi, mulai tingkat SD/MI sampai SMA/MA namun setiap kali mengunjungi suatu sekolah selalu memberikan suatu cerita yang tertinggal menjadi nuansa kenangan baik. Pada tahap 3, yang dimulai pada tanggal 16 sd 24 September 2019 ditugaskan menjadi Asesor untuk tiga sekolah yang berada di Kabupaten Way Kanan.

Cerita pertama berasal dari visitasi ke MTSS Guppi Banjit Way Kanan, yang berjarak sekitar 74 km dari Kotabumi Lampung Utara dan dapat ditempuh (rute tercepat, lalu lintas normal) selama 1 jam 42 menit. Kondisi jalan yang sebagian rusak, menjadikan waktu tempuh menjadi 2 jam lebih karena arah navigasi dipercayakan pada google maps.

Kelelahan perjalanan terbayar dengan sambutan sekolah yang antusias dan hangat, walaupun terasa tampak ketegangan dari wajah Kepala Sekolah dan guru-guru yang rata-rata masih muda bersemangat. Ketegangan ini mungkin karena terlalu lama menunggu atau tidak sabar ingin segera verifikasi dan validasi disegerakan. Sepintas dari pintu gerbang luar, bangunan sekolah berjejer membentuk huruf “U” tak tampak luas dan tak percaya kalau dapat menampung kurang lebih 600 siswa. Ternyata setelah verifikasi, ruang-ruang kelas terdapat di bagian belakang seolah bertumpuk-tumpuk menyesuaikan kondisi tanah yang melandai ke bawah.

Acara Pembukaan Visitasi

Tarian anak-anak pramuka, menjadi sambutan selamat datang yang meriah walaupun sedikit terganggu karena  musik yang terlambat mengiringi tarian. Setelah istirahat sejenak, kemudian dilaksanakan acara pembukaan visitasi yang dihadiri oleh kedua asesor, kepala madrasah, ketua Yayasan, Pengawas dan Guru-guru yang berjumlah 43 orang. Secara ringkas, pada pembukaan diucapkan selamat datang dan dijelaskan perjalanan madrasah di mulai sejak berdiri sampai di visitasi. Pertama kali madrasah didirikan atas desakan masyarakat agar mendapatkan pelajaran Agama Islam, berbentuk bangunan sederhana berdinding gribik bambu. Dalam perjalanan waktu, bangunan madrasah sampai pada bentuknya sekarang. Tentu saja hasil kerja keras dan komitmen yang tinggi dari Ketua Yayasan dan segenap warga sekolah. Keikhlasan sebagai ciri sebagian sekolah bercirikan agama melandasi pelayanan pendidikan yang diberikan kepada masyarakat sekitar.

Kesiapan di Verifikasi

Kesiapan di visitasi tampak pada antusias guru-guru dan tumpukan dokumen yang lumayan tinggi. Betapa rapihnya administrasi sekolah apabila dokumen-dokumen tersebut memang telah menjadi budaya selama ini walaupun tidak diakreditasi. Pengalaman menjadi asesor selama ini, sekolah seolah “gegap gempita” mempersiapkan segala dokumen yang diperlukan. Apabila hal ini terjadi, wajar sekolah berhari-hari lembur untuk mempersiapkannya. Walapun begitu, tetap akan menjadi Praktik Baik  dalam pengendalian mutu sekolah apabila visitasi asesor menjadi titik awal sekolah bergerak dalam penerapan SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal. Ke depan, sekolah konsisten menerapkan mutu sebagai landasan pelayanan penyelenggaraan pendidikan sekolah.

Apa kesan yang diperoleh selama kunjungan? Semangat berkarya dari segenap guru-guru yang masih muda untuk berkontribusi menyiarkan ajaran Agama Islam dalam bingkai pendidikan. Kepala Madrasah berkomitmen untuk memajukan madrasah melalui inovasi kepemimpinan perubahan dalam era digital sekarang. Tanpa hiruk pikuk, guru-guru beserta kepala sekolah dan ketua yayasan, bahu membahu membangun peradaban melalui pendidikan yang lulusannya telah terjun dalam masyarakat. Semoga ke depan, sekolah ini semakin hebat dan semoga bisa mengunjungi sekolah ini kembali (Selanjutnya Bagian Kedua dari Tiga Tulisan)

5 thoughts on “Visitasi Akreditasi Sekolah, Sepenggal Cerita Tertinggal…

  1. Terimakasih bapak asesor yg luar biasa,
    Ilmu pengetahuan baru yg disampaikan sangat bermanfaat bagi diri kami dan kemajuan sekolah kami, terimakasih banyak pak semoga selalu diberikan kesehatan, rezeki yg berkah dan berlimpah serta sukses selalu😊🙏

Tinggalkan Balasan